Sunday, May 29, 2011

Tiang Dunia Ada 4 Perkara

Sebagaimana diterangkan dalam kitab “Targhibatul Abrar”:

“Tiang tegaknya dunia itu ada 4 perkara yaitu 1) ilmunya para ulama 2) Pemerintahan yang adil dan 3) Kedermawanan orang-orang kaya, dan 4) Doa orang-orang fakir."

Kalau tidak dengan ilmu para ulama maka binasalah orang-orang bodoh dan kalau tidak ada keadilan dari orang-orang yang memegang kekuasaan, niscaya manusia saling memakan manusia lain bagaikan serigala memakan domba, begitu juga tanpa kedermawanan orang-orang kaya, maka binasalah orang-orang fakir dan jikalau tanpa doa orang-orang fakir, hancurlah langit dan bumi.

Sebagaimana disebutkan dalam kitab “TA” bahwa para ulama mengemban tugas yang besar yaitu amar maruf nahi munkar dan mengajak manusia untuk memeluk Agama islam dengan penuh iman dan takwa.

Diriwayatkan Imam Malik bahwa pada hari kiamat nanti para ulama akan ditanya apa yang telah diamalkan dari ilmu yang dimilikinya. Sebagaimana para Nabi akan ditanya tentang umatnya. Nabi menerangkan kepada kita bahwa ulama adalah pelitanya dunia dan pewaris para nabi. Karena akhlak mereka dan perilakunya hádala menjadi contoh yang baik bagi Amat manusia.

Tiang dunia yang kedua yaitu pemerintahan yang adil. Mari kita berdoa semoga pemerintah kita selalu mendapatkan pertolongan dan petunjuk dari Allah sehingga selalu berada di jalan yang benar, berlaku adil dan bijaksana demi kemaslahatan rakyat yang dipimpinnya.

Sebab ketiga dari pada tiangnya dunia hádala hartawan yang dermawan dan tiang yang keempat hádala doa orang-orang fakir miskin. Dari tiang ketiga dan keempat kita dapat mengambil pelajaran bahwa setiap individu dalam masyarakat mempunyai tugas da kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu dengan saling tolong menolong, saling mencintai dan mengasihi. Jika ulama, para hartawan dan fuqara saling tolong menolong di antara mereka maka insya Allah negara kita akan menjadi negara yang makmur, sejahtera dan berkeadilan.

1 comments:

Zainal Masri said...

mksih ats brbaginya,,slm knal dan slm persahabatan..:)

Post a Comment