Friday, October 21, 2011

Haji dan Umrah

1. Barangsiapa melaksanakan haji di rumah ini tidak rafats dan tidak berbuat fasik maka dia kembali seperti pada hari dilahirkan ibunya. {HR. Bukhari}

 Penjelasan: Rafats artinya mengeluarkan kata-kata yg menimbulkan birahi yg tidak senonoh.

2. Antara umroh yg pertama dgn umroh kedua penghapusan dosa-dosa {yang dilakukan antara keduanya} dan haji mabrur tiada pahala kecuali surga.
3. Jihad yg paling afdhol ialah haji yg mabrur.

4. Tawaf itu adl shalat dan bila perlu berbicara hendaklah bicara yg baik-baik.

5. Seorang hamba Aku sehatkan tubuhnya dan Aku perluas baginya mata pencahariannya dan berlalu lima tahun tidak berhaji kepada rumahKu maka dia akan kehilangan . {HR.Al-Baihaqi}

6. Barangsiapa memiliki bekal dan kendaraan yg dapat menyampaikannya ke Baitillahil haram dan tidak menunaikan haji maka tidak mengapa baginya wafat sebagai orang Yahudi atau Nasrani.

7. Talbiah Rasulullah Saw ialah:
Aku datang {memenuhi panggilanMu} ya Allah aku datang. Aku datang dan tiada sekutu bagi-Mu aku datang. Sesungguhnya segala pujian keni’matan dan kerajaan milikMu tiada sekutu bagiMu. .

8. Rasulullah Saw menyambut orang yg pergi haji:
Semoga Allah menerima hajimu mengampuni dosamu dan mengganti ongkosmu .

Sumber: 1100 Hadits Terpilih - Dr. Muhammad Faiz Almath - Gema Insani Press

sumber : file chm hadistweb

0 comments:

Post a Comment