Saturday, May 14, 2011

Sabar Sebagai Kunci Keberhasilan

Dalam menjalani kehidupan, seorang muslim hendaknya selalu bersabar. Tidak putus asa dalam menghadapi cobaan dan tidak mudah menyerah menghadapi tantangan. Allah swt selalu menguji hamba-Nya untuk mengukur keimanan mereka.

Kisah Kesabaran Nabi Yusuf

Kisah Nabi Yusuf terdapatdalam satu surat penuh di dalam Al-Quran. Surat itu diberi nama sebagaimana nama sang nabi, yaitu Yusuf. Sebab turunnya surat Yusuf adalah karena orang-orang Yahudi meminta kepada Rasulullah saw untuk menceritakan kepada mereka kisah Nabi Yusuf. Kisah Nabi Yusuf telah mengalami perubahan dan penambahan. Lalu Allah swt menurunkan satu surat penuh yang secara terperinci menceritakan kisah Nabi Yusuf.


Allah swt berfirman, “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum (kami mewahyukan)nya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahuinya.” (Q.S. Yusuf [12]:3). Para ulama berbeda pendapat dalam hal mengapa kisah ini disebut sebagai kisah terbaik? Ada yang mengatakanbahwa kisah ini memiliki keistimewaab dibandingkan dengan kisah-kisah Al-Qur’an yang lain, dilihat dari sisi kandungannya yang memuat berbagai ungkapan dan hikmah. Ada yang mengatakan karena Nabi Yusuf mengampuni saudara-saudaranya dan sabar atas tindakan mereka.

Nabi Yusuf mendapatkan berbagai ujian dalam hidupnya. Beliau menghadapi persengkongkolan jahat yang justru datang dari orang-orang terdekatnya, yaitu saudara-saudaranya. Mereka merencanakan membunuhnya. Rencana itu mereka buat saat Yusuf masih kecil. Kemudian Yusuf dijual ke pasar budak di Mesir.

Kemudian ia dihadapkan pada rayuan seorang wanita, istri pejabat penting di Mesir. Karena menolak rayuannya, ia pun dijebloskan ke dalam penjara. Beberapa waktu, Nabi Yusuf menjadi penghuni penjara. Meskipun mendapatkan berbagai cobaan, akhirnya beliau mampu menduduki tampuk kepemimpinan di jajaran kementrian Mesir. Kemudian dari panggung kekuasaan itulah ia mulai memperjuangkan dakwah di jalan Allah.

--------“Setiap orang pasti mempunyai hasrat memperoleh martabat yang mulia, namun jarang sekali orang mempunyai sifat sabar, tabah, dan ulet.” (Syaikh A-Zarmuji.”

SOURCE : The Miracle of Quranic Motivation by Fathkul Anas

0 comments:

Post a Comment